Gereja Katolik St Helena, Camplong

Posted: 26 Juli 2014 in Kupang, Nusa Tenggara Timur
Gereja St Helena Camplong

Gereja St Helena, Camplong

Gereja Katolik St Helena, Camplong berada di atas bukit. Jadi megah jika dilihat dari kejauhan. Gereja ini berada di Desa Lili Kabupaten Kupang NTT. Untuk sampai ke Gereja ini dari Kota Kupang kita menyusuri jalan trans Timor menuju Kota Soe. Lepas dari Kota Kupang, memasuki Kabupaten Kupang, terus sampai ke Oilmasi Ibukota Kabupeten Kupang, terus lagi sampai ke daerah Lili. Lili adalah wilayah sebelum Takari (kecamatan terakhir sebelum perbatasan dengan Kabupaten Timor Tengah Selatan). Sekitar 100 meter sebelum Pasar hewan Lili, disebelah kanan terdapat Papan Petunjuk Gereja Santa Helena disamping Gereja Kristen GMIT di Lili. belok ke kanan sekitar 50 meter menyusuri jalan menuju Biara Suster CB dan Gereja Santa Helena.

Gereja Katolik St Helena Camplong dari samping

Gereja Katolik St Helena, Camplong dari samping

Awalnya umat katolik di Paroki ini beribadah di kapela di biara dekat kolam permandian umum Camplong sekitar 3 km di sebelah timur sebelum masuk hutan Camplong. Karena jumlah umat yang banyak tidak lagi bisa ditampung di Kapela tersebut, maka dibangunlah Gereja Baru di daerah Lili. Bangunan Gereja sangat besar dan didominasi warna biru. Dari arah Camplong dekat kapela lama, atap gereja ini terlihat menjulang, menyeruak diantara pepohonan di bukit yang gersang.

Gereja St Helena Camplong

Gereja St Helena, Camplong

Di sekeliling gereja ini ditanami pohon pohon cemara, yang sudah tumbuh besar, ketika angin menerpa suara angin menyentuh pohon cemara menimbulkan suara yang khas. Menikmati suara desauan dan menikmati terpaan semilir angin tersebut, menghilangkan rasa panas yang mendera sebagian besar tanah di Pulau Timor. Di sebelah timur Gereja ini terdapat Biara suster suster Carolus Boromeus, yang berkarya di daerah itu.

Bagian Dalam Gereja St Helena Camplong

Bagian Dalam Gereja St Helena,Camplong

Bagian dalam gereja ini sangat luas dan diperkirakan mampu menampung sekitar 1.000 umat. Misa di Gereja St Helena, Camplong diselenggarakan setiap Hari Minggu Pagi pukul 08.00 wita. Misa diselenggarakan dalam bahasa Indonesia.

Papan petunjuk ke Gereja St Helena Camplong di dekat Pasar Lili Kupang

Papan petunjuk ke Gereja St Helena Camplong         di dekat Pasar Lili Kabupaten Kupang

Kalau kita berdiri di depan Gereja St Helena Camplong, dan menghadap ke utara, kita akan melihat hamparan perbukitan di Kabupaten Kupang bagian utara. Akan terlihat pula deretan rumah rumah putih di atas bukit yang merupakan Perumahan bagi saudara saudara kita eks pengungsi Timor Timur di wilayah ini. Didekat Kapela lama selain terdapat kolam permandian terdapar juga tempat penangkaran rusa yang bisa dijadikan tempat peristirahatan untuk melepas lelah setelah berkendara lama dari Kupang atau dari Atambua.

Pemandangan ke arah utara, tampak di kejauhan Perumahan pengunsi eks Timor Timur

Pemandangan ke arah utara, tampak di kejauhan Perumahan Eks Pengungsi Timor Timur

Tinggalkan komentar