Gereja Katolik Santo Martinus Bangunharjo

Posted: 8 November 2010 in Bantul Projotamansari, Yogyakarta

Gereja Katolik St Martinus Bangunharjo terletak di daerah Bangunharjo, Sewon, Bantul Yogyakarta. Dari Kota Yogyakarta, Gereja ini bisa ditempuh melalui Jl Imogiri Barat (Pasar Telo) ke selatan. Setelah sampai Pasar Bangunharjo masih ke selatan sekitar 300 meter, gereja St Martinus berada disebelah barat jalan. Bangunan gereja ini merupakan bangunan gereja baru yang terletak disamping gereja lama. Gereja lama mengalami kerusakan karena kebakaran kecil dan juga rusak pada saat gempa melanda Yogya th 2006.

Di sekitar lokasi gereja mulai bermunculan perumahan perumahan baru. Saat ini memang kecenderungannya perumahan di kota Yogyakarta mulai bergeser ke daerah Bantul.

Komentar
  1. suhartono mengatakan:

    Puji Tuhan. Kami umat di wilayah Bangunharjo sangat bersyukur kepada Allah karena sdh terbangun gereja yg cukup megah dan lebih baik dari gereja lama. Sekitar tahun 2010, bulan Desember, dinyatakan pembangunan gedung gereja selesai walaupun belum lengkap karena keterbatasan dana, dimana pembangunannya sudah menguras uang umat sekitar 1,4 milyard rupiah pada saat itu, juga sudah bisa dipergunakan untuk kegiatan peribadatan rutin oleh umat sekitar. Lambat laun secara swadaya dan swakelola umat wilayah Bangunharjo tetap teguh untuk meneruskan proses pembangunan sarana-sarana penunjang untuk sebuah gereja yang sebenarnya. Telah berhasil dibangun talud atau pondasi pagar disebelah barat dan utara gereja dan saluran drainage air hujan di kiri dan kanan gereja. Juga pada bulan January – Febuary 2012, umat sedang mengganti & merenovasi plafon gereja karena adanya kesalahan konstruksi bangunan pada plafon sebelumnya dengan bahan material bangunan yg berkualitas bagus. Masih akan terus dilaksanakan dengan rencana pembangunan dalam tahun 2012 ini dengan pembuatan pagar pengaman sekeliling gereja, pintu gerbang yg megah dan gedung serbaguna yang terletak di lokasi gereja lama……………………………………….. Oleh karena itu masih banyak biaya yang harus dikumpulkan untuk rencana pembangunan selanjutnya. Umat wilayah Bangunharjo tetap rajin menghimpun dana swadaya dan juga sangat mengharapkan adanya sumbangan dana dari luar atau donatur agar proses pembangunan bisa terlaksanana.

  2. Anicleta Yuliastuti mengatakan:

    Salam Damai Kristus
    Saya berasal dari Bangunharjo skrg di Surabaya, kalau ingin menyumbang sedikit dana dialamatkan/rekening kemana?

    • Suhartono mengatakan:

      Yth. Ibu Anicleta,
      Puji Tuhan atas perhatiannya terhadap gereja St. Martinus Bangunharjo walaupun jarak yang jauh, Surabaya, namun tidak mempengaruhi tekad berbagi anda yang dipenuhi semangat kasih Tuhan Yesus Kristus dan menjadi berkat untuk sesama. Untuk keinginan Ibu ingin menyumbangkan sejumlah dana buat pembangunan gereja silahkan berhubungan atau berkomunikasi langsung via email secara terbuka dengan kami pengurus; Bpk. Suhartono (suhartono_berda@yahoo.com), kami akan menanggapi dengan sebaik-baiknya dan terima kasih, Puji Tuhan – Berkah Dalem Gusti. Tuhan Memberkati.

  3. Suhartono mengatakan:

    Puji Tuhan & Berkah Dalem. Pada periode 2013 – 2015 sekarang ini, sudah terpilih ataupun terbentuk kepengurusan wilayah Bangunharjo (gereja St. Martinus) yang baru. Di bulan November – Desember 2012, dengan semangat yang sangat meyakinkan umat melaksanakan pemilihan pengurus baru, dengan berhasil, berjalan lancar dan sangat bagus, dan sebagai hasilnya seluruh personil pengurusan wilayah periode 2013 – 2015 tersebut bisa diterima tanpa ada sanggahan dari pihak manapun. Kami sebagai bagian dari umat wilayah Bangunharjo (gereja St. Martinus) Pugeran Yogyakarta, mengucap syukur kepada Allah Bapa, Allah Putera dan Allah Roch Kudus, secara khusus juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh umat karena keberhasilan ini semua, kiranya sebagai hadiah Natal tahun 2012, Pengurus Wilayah Bangunharjo periode 2013 – 2015 akan bisa menjadi berkah yang membawa kemajuan dan keberhasilan wilayah dalam banyak bidang, sesuai harapan serta cita-cita peribadatan gereja umat.
    Melalui rapat pembahasan pengurus, telah disusun program-program baru, yang dibeberapa bahagian masih mengadopsi dan melanjutkan program-program lama yang memang masih memenuhi harapan dan masih baik berlaku (up to date). Dimana secara garis besar bahwa program-program tersebut lebih mengutamakan masukan-masukan (idea-idea) segar dari umat kalangan bawah (bottom-up) dari seluruh lingkungan-lingkungan (lingkungan Semail, lingkungan Grojogan, lingkungan Wojo dan lingkungan Druwo) yang dihimpun secara kolektif melalui lesan via telepon dan melalui catatan tertulis (SMS / surat) atau melalui media internet (E-mail account gereja) melalui “Stmartinus.Bharjo@yahoo.com”, juga pelaksanaan peribadatan Misa Katolik yang sudah bisa dilaksanakan seminggu sekali secara terus menerus (continue) serta pelaksanaan pengelolaan perawatan dan pembangunan gereja yang akan dilaksanakan secara “Swa-Kelola Swa-Daya Swa-Sembada dan Swa-Karsa” dengan tanpa menyimpang dari program-program baku dari pusat (Dewan Paroki Pugeran ataupun tingkat birokrasi gereja yang lebih tinggi lainnya). Juga, dibentuk team bidang yang menangani usaha komunikasi keluar gereja (Humas), yakni bidang kemasyarakatan, yang diantaranya akan aktif dalam kegiatan komunikasi antar umat beragama (FKUB, Forum Komunikasi antar Umat Beragama) lain yang ada di masyarakat (Islam, Kristen, Hindu, Budha dan aliran kepercayaan), dalam tingkatan daerah Kelurahan, Kecamatan dan Kabupaten Bantul…………………………………………………..(bersambung).

  4. Suhartono mengatakan:

    Saudara saudara seiman sesama anggota satu tubuh dan darah Yesus Kristus, Selamat pagi dan Berkah Dalem (Puji Tuhan). Berbicara mengenahi segala sesuatu yang terjadi, sedang serta akan terjadi di gereja atau kapel katolik Santo Martinus Bangunharjo, paroki HKTY Pugeran Yogyakarta, jalan Imogiri barat km 7 Bangunharjo Sewon Bantul DIY. Kita bersama-sama perlu menyadari bahwa pekerjaan pelayanan oleh umat setempat adalah masih harus melewati dan menyusuri jalan panjang dan menanjak yang sangat menguras tenaga pikiran dan dana yang banyak sekali demi mewujudkan impian dan harapan sebuah bentuk gereja yang merupakan bentuk pisik atau sebuah komunitas keluarga beriman katolik ataupun boleh diidentikan dengan Tahta Allah Bapa. Semenjak bencana alam gempa bumi pada tahun 2006 sampai dengan hari ini, umat setempat dengan dikoordinir oleh Dewan Paroki atau Wilayah, secara bersama-sama, bergandeng tangan saling bahu membahu berusaha bangkit dan bangun seperti perjalanan salib Tuhan Yesus yang mengalami jatuh bangun dalam menuju puncak kesempurnaan. ……………………………………………..
    ………………….. halaman melompat !
    Umat melalui pengurus SarPras (sarana & prasarana) masih aktif untuk melengkapi sarana dan prasarana peribadatan yang diperlukan untuk mendukung kelancaran prosesi upacara demi upacara gerejani. Seperti hal nya; perbaikan / penggantian bagian- bagian gereja yang sudah rusak, kelengkapan peralatan peribadatan (perbaikan altar, penambahan bangku tempat duduk umat, kursi Romo, kursi kamar Pengakuan dan kursi untuk sakramen Pernikahan), tempat parkir sepeda, sepeda motor dan mobil, tempat berkumpul serbaguna sementara dan pembuatan gudang. Dan masih banyak rencana jangan panjang yang belum terjangkau oleh kemampuan keuangan umat setempat secara swadaya dan swakelola.
    Sebagai sesama anggota tubuh dan darah Kristus, partisipasi para donatur yang budiman selalu mengalir dan mengucur bagaikan sumber air kehidupan, yang memberi serta menambah semangat untuk semakin bekerja keras diladang Tuhan. Ada seorang ibu dari Bogor dengan Rp. 15,000,000,- (Lima belas juta rupiah), ada beberapa keluarga dari Paroki Baciro dibawah bimbingan Romo Gregorius Suprayitno Pr. juga menambah pundi-pundi keuangan umat serta ada keluarga umat setempat yang rela menyisihkan dana untuk kepentingan gereja.
    Disamping kegiatan pembangunan dan pemeliharaan bagi gereja secara pisik, umat setempat juga berusaha semakin giat membangun keimanan religi Katolik (imamat), untuk lebih semakin mendekatkan diri pribadi atau keluarga dengan Sang Pencipta (Allah Bapa, Allah Putera & Allah Roch Kudus) , yakni disamping melaksanakan peribadatan Wajib (Misa mingguan), juga mengadakan Rekoleksi Keluarga, yang dibimbing oleh para Romo Paroki HKTY Pugeran dan para Dosen Perguruan Tinggi Kataketik Katolik, yang bisa mentransformasi umat setempat menjadi lebih siqnifikan serta mampu merasakan menghayati suasana kebersamaan dengan Allah dalam kehidupannya sehati-hari. Sehingga umat setempat Wilayah Santo Martinus Bangunharjo boleh bisa merealisasikan serta menikmati suatu karunia Allah secara nyata dalam IMAN, HARAPAN dan KASIH.

    Mohon maaf kalau dalam penulisannya, banyak terjadi salah-salah kata ataupun tidak mranani / berkenan dihati dihadirat para pembaca ytk, sekali lagi mohon maaf. Berkah Dalem.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s