Gereja Katolik St Maria Ratu, Gumbrih

Posted: 31 Agustus 2014 in Bali
Tag:,
IMG_2367

Gereja Katolik St Maria Ratu Gumbrih

Gereja Katolik St Maria Ratu Gumbrih merupakan salah satu Gereja Katolik di Kabupaten Jembrana Provinsi Bali. Gereja ini berada di Desa Gumbrih, Pekutatan, Jembrana. Dari Denpasar jika kita akan ke Gereja ini maka dapat menempuh rute jalan Denpasar – Badung – Tabanan ke arah Jembrana. Setelah memasuki Batas Kabupaten Jembrana dan Kabupaten Tabanan akan terlihat Tugu Makepung (Makepung adalah Balap Kerbau, sebuah warisan budaya nasional asli Kabupaten Jembrana). Perbatasan ini sudah sangat dekat dengan Gereja St Maria Ratu Gumbrih. Dari perbatasan, terus ke barat menuju desa Gumbrih. Setelah Teras BRI Gumbrih terdapat simpang Tiga Gereja Katolik Gumbrih. Ada papan petunjuk besar di simpang tiga tersebut. Dari simpang tiga belok ke Kanan (ke Utara) sekitar 100 meter. Gereja St Maria Ratu berada di sebelah kanan (Timur) jalan.

Gereja St Maria Ratu Gumbrih dari sisi selatan

Gereja St Maria Ratu Gumbrih dari sisi selatan

Gereja Katolik St Maria Ratu Gumbrih dibangun dengan mengadopsi budaya Bali. Di depan gereja terdapat menara Kul Kul (Kentongan khas Bali). Di bagian atap, diatas altar juga terdapat bagian yang menyerupai meru. Suatu bangunan yang sangat identik dengan Bali. Ornamen-ornamen di Gereja St Maria Ratu Gumbrih juga bernuansa budaya Bali. Pada saat mengikuti misa banyak umat yang memakai pakaian adat bali. Laki laki menggunakan kain kamben, dirangkapi dengan kain saputan. Menggunakan kemeja warna putih atau krem dan memakai udeng sebagai penutup kepala. Terlebih pada saat Misa Hari Raya seperti Natal dan Paskah.

Gereja Katolik St Maria Ratu Gumbrih dari sisi utara

Gereja Katolik St Maria Ratu Gumbrih dari sisi utara

Misa Mingguan di Gereja Katolik St Maria Ratu dirayakan hanya satu kali pada Hari Minggu pagi jam 08.00 wita dengan menggunakan Bahasa Indonesia. Ada sesuatu yang khas di Gereja ini pada masa paska. Terdapat Misa Syukur Unduh Unduh yaitu misa syukur atas panen yang dilimpahkan Tuhan Kepada masyarakat Gumbrih. Umat membawa persembahan berupa hasil panen yang ada seperti padi, kelapa, coklat, cengkeh, pisang dll. Hasil bumi tersebut kemudian dilelang sesudah misa selesai. Memang sebagian besar umat Gereja ini berprofesi sebagai petani.

Gua maria di sebelah utara Gereja Katolik St Maria Ratu Gumbrih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s